Breaking News

Binpotmar Tello Lanal Nias Evakuasi Korban Kapal Tanker Terbakar

Nias Selatan, MIMBAR BANGSA – Prajurit Lanal Nias yang berdinas di Binpotmar Pulau Tello bersama aparat keamanan dan instansi terkait serta masyarakat memberikan bantuan evakuasi terhadap para korban kapal Kapal SPOB Kurnia Abadi 09 yang mengalami kebakaran di perairan Pantai Desa Sinauru sekitar SPBU Pulau Tello, Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (29/07).

Nahkoda Kapal Mayyoko mengatakan “Pukul 20.00 WIB sebelum berangkat dari Pulau Tello menuju Singkil, terdengar suara ledakan dari Kapal SPOB Kurnia Abadi 09 dan mengeluarkan api,” kata nahkoda.

Nakhoda beserta ABK Kapal yang berjumlah 6 orang melompat dari kapal SPOB Kurnia Abadi 09 tersebut dan berenang menepi ke SPBU, kemudian mengambil APAR Pompa Air Robin yang berada di SPBU untuk memadamkan api yang semakin membesar.

“Kapal SPOB Kurnia Abadi 09 yang terbakar selanjutnya ditarik menjauh ke tengah Perairan menggunakan Tugboat Rahman dan Speed Boat untuk mengantisipasi kemungkinan adanya ledakan susulan,” ungkap Babinpotmar Pulau Tello Serma Nav Saud M. Simatupang.

Terbakarnya Kapal SPOB Kurnia Abadi 09 yang memuat BBM tersebut mengakibatkan 3 (tiga) ABK mengalami luka bakar dan saat Ini para korban masih dirawat di Puskesmas Pulau Tello. Saat ini kapal sudah disandarkan di Dermaga Perikanan Pulau Tello dengan diberi Police Line oleh pihak Polsek Pulau Tello guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Adapun nama-nama korban adalah Yurlinus Telaumbanua (61), Jabatan Mualim 1, warga Gunung Sitoli, Agama Kristen. Kemudian Jepri Mariangan Pardede (34), jabatan Masinis 1, warga Belawan, Agama Kristen dan korban ketiga Foris Gea sebagai Juru Mudi warga Namohalu Esiwa, Nias Utara Agama Kristen.

Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah menghimbau kepada para pelaku usaha atau nahkoda yang ada di wilayahnya, apabila sedang memuat bahan bakar minyak maupun barang-barang yang mudah terbakar supaya memperhatikan faktor-faktor keamanan yang bisa memicu terjadinya kebakaran.

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS