Breaking News

BPP Provinsi Kepulauan Nias Gelar Sarasehan di Kota Gunungsitoli

Gunungsitoli, MIMBAR BANGSA – Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP PKN) menggelar acara sarasehan di Ruang Rapat Lantai II Kantor Walikota Gunungsitoli, Jumat (14/7/2023) mulai pukul 09.20 WIB.

Sarasehan yang dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat Nias dan berbagai elemen masyarakat, langsung dipimpin oleh Ketua Umum BPP PKN, Mayjen. (Purn) TNI Drs. Christian Zebua, M.M. bersama dengan Sekretaris Umum BPP PKN, Drs. F. Yanus Laros, M.A.P. dan Kepala Bappelitbang Kota Gunungsitoli, Karya Septianus Bate’e, S.STP., M.A.P.

Mayjen. (Purn) TNI Drs. Christian Zebua, M.M.bertindak sebagai salah satu narasumber dalam menyampaikan Persiapan dan Strategi Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias, sedangkan Karya Septianus Bate’e, S.STP., M.A.P. menjadi narasumber untuk menyampaikan Kesiapan Kota Gunungsitoli sebagai Calon Ibu Kota Provinsi Kepulauan Nias.

Selain untuk menyeminarkan hal di atas, serasehan ini juga digelar untuk mendengarkan pendapat atau saran dari masyarakat Nias mengenai perjuangan dalam Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias.

Dalam kesempatan itu, Christian Zebua menjelaskan berbagai alasan urgensinya penguatan Kepulauan Nias dalam membangun kedaulatan yang berbasis maritim dan menjadi garda terdepan bagian barat NKRI di bidang perahanan.

Lulusan Akabri 1980 ini juga menjelaskan bahwa secara administrasin persyaratan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias sudah lengkap. “Secara administrasi, baik sistem Bottom Up dan Top Down, Kepulauan Nias sudah memenuhi syarat,” ucap Christian Zebua.

Selanjutnya, mantan Panglima Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih menjelaskan bahwa “Posisi geopolitik dan geostrategis Kepulauan Nias, sangat urgen untuk dibangun kedaulatan wilayah terdepan berbasis maritim, yang merupakan garda terdepan bagian barat NKRI dari aspek pertahanan dan kemanan. Dalam hal ini, negara berkepentingan atau wajib menghadapi atau meniadakan hakekat ancaman di bagian Barat NKRI melalui penguatan Kepulauan Nias menjadi Provinsi” ucapnya.

Sementara pada sesi berikutnya, Kepala Bappelitbang Kota Gunungsitoli, Karya Septianus Bate’e, S.STP., M.A.P. yang dieprcaya memaparkan Kesiapan Kota Gunungsitoli sebagai Calon Ibu Kota Provinsi Kepulauan Nias, menyampaikan bahwa “Dilihat dari berbagai aspek, Kota Gunungsitoli sudah siap untuk menjadi Ibukota Provinsi Kepulauan Nias ketika Kepulauan Nias ditetapkan menjadi Provinsi,” kata Karya Bate’e.

Selain itu, dalam acara sarasehan tersebut para tokoh yang mewakili berbagai elemen masyarakat menyatakan setuju untuk dilanjutkannya perjuangan BPP PKN melalui Ketua Umum Mayjen. (Purn) TNI Drs. Christian Zebua, M.M. serta para peserta juga memberikan beberapa saran positif untuk mendukung terbentuknya Provinsi Kepulauan Nias.

Usai sesi tanya jawab yang sangat hidup, acara sarasehan dilanjutkan dengan isoma serta foto bersama.

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS