Breaking News

Longsor di Padang, Puluhan Jenazah Keluar dari Kubur dan Kain Kafan Menggantung di Lereng Bukit

Padang , MimbarBangsa.co.id – Cuaca ekstrem yang melanda Kota Padang berdampak banjir dan longsor yang terjadi di kawasan kota Padang. Salah satu yang terkena dampaknya adalah Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ikatan Keluarga Pesisir Selatan di Kota Padang, Sumatera Barat yang dihantam longsor.

Belasan jenazah yang sudah terkubur sampai keluar dan terseret material longsor di lereng bukit pemakaman pada, Jumat (14/7/2023) malam. Selain itu sekitar 30 jenazah yang belum lama dikubur akan dibongkar karena kain kafan sudah tergantung di lereng bukit tersebut.

Masyarakat setempat dibantu pihak kepolisian Polsek Padang Selatan dan BPBD kota Padang berjibaku mengumpulkan jenazah yang bertaburan ke rumah warga yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Sampai saat ini sudah 11 jenazah dievakuasi dan warga maih mencari jenazah lainnya.

“Dari 11 jenazah yang sudah dievakuasi, kemungkinan ada pemamakam lain yang terdampak yang harus dibongkar oleh warga. Sebanyak 30 jenazah akan di evakuasi oleh warga dan BPBD nantinya,” kata Perwira Regu BPBD Kota Padang Riko.

Sementara tulang belulang jenazah sampai saat ini masih dalam tahap pencarian oleh masyarakat setempat. Semua jenazah yang sudah dievakuasi akan dimakamkan kembali oleh pihak keluarga masing masing ketempat yang lain.

“Pemakaman tersebut berada di lereng lereng bukit dan dimiliki Ikatan Keluarga Pesisir Selatan dan warga sekitar sini juga. Masyarakat yang ada keluarga dimakamkan di sini sudah mendatangi lokasi untuk melihat apa kuburan keluarga mereka terdampak longsor,” ujar Riko.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS