Breaking News

Jokowi Ingin Kota-kota di Indonesia Berkonsep Tematik

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan kota-kota di Indonesia mempunyai konsep tematik yang mencirikan dan membedakan antardaerah. Jokowi mencontohkan konsep kota tematik telah diterapkan di Amerika Serikat, misalnya kota jagung, kota ikan, kota mebel, hingga kota emas.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Perusahaan Real Estat Indonesia (REI) 2023 di Hotel Sheraton, Jakarta Selatan, Rabu (9/8/2023).

“Saya kadang-kadang bayangin, negara kita ini kan hampir semua kota itu kan sama, enggak ada diferensiasinya. Kenapa tidak ini ada sebuah kota, ini kota jagung. Segala fasilitas ada, kota ikan, ada kota mebel, ada kota gold (emas, Red), ada di Amerika seperti itu, jadi enggak semua kota sama,” ujar Jokowi.

Jokowi berharap REI bisa merumuskan langkah strategis dalam mewujudkan kota-kota tematik di Indonesia. Jokowi juga mengingatkan REI untuk memperhatikan dampak sosial dan lingkungan dalam membangun sebuah hunian.

“Saya juga minta pada kesempatan yang baik ini, kepada REI untuk terus memperkuat kolaborasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga membeberkan kontribusi besar dari sektor real estat pada produk domestik bruto atau PDB.

“Kalau kita lihat kontribusi 2018-2022, setiap tahunnya mencapai Rp 2.300-Rp 2.800 triliun. Sangat besar sekali dan memberikan kontribusi 16% terhadap PDB ekonomi. Tenaga kerja yang tersangkut dalam perputaran di ekonomi REI mencapai 13-19 juta orang, ini juga sangat banyak sekali,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Sektor properti, real estat, dan konstruksi juga memberikan multiplier effect yang besar.

Multiplier effect-nya ke 185 sub-sektor industri lainnya, ini juga banyak sekali. Tidak ada industri lain yang semasif ini efeknya, yang ada hanya di properti, real estat, dan konstruksi,” kata Jokowi.

Jokowi mencontohkan, sektor real estat berpengaruh terhadap industri material, furnitur, elektronik, dan jasa.

“Semua industri tersangkut di sini, semen, batu bata, besi, cat, semuanya bergerak kalau industri properti dan real estate bergerak. Jangan lupa industri jasa dari yang namanya tukang listrik, tukang sampah, tukang kebun, sedot wc, semuanya bergerak,” kata Jokowi.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS