Breaking News

Pakaian Adat Minahasa Yang Dipakai Kaesang Menang Jadi Busana Terbaik

Jakarta, MIMBAR BANGSA – Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan pakaian adat Suku Minahasa menjadi lima busana terbaik di upacara HUT RI ke-78. Ada arti filosofis di balik pakaian adat Suku Minahasa ini.

Arti filosofis ini dijelaskan oleh istri Kaesang, Erina Gudono lewat akun Instagramnya, @erinagudono. Erina menjelaskan bahwa pakaian adat ini biasanya dipakai untuk kawasaran.
“Kawasaran adalah tradisi leluhur Suku Minahasa Sulawesi Utara dan merupakan tarian Ksatria Minahasa yang disebut ‘Waraney’,” kata Erina dalam unggahannya, Kamis (17/8/2023).

Lebih lanjut, Erina menuturkan bahwa mulanya kawasaran dilakukan untuk menjalankan ritual Mahsasau. Adapun kawasaran artinya adalah melindungi tanah hingga kehidupan.

“Kawasaran ‘kawak’ yang berarti ‘melindungi’ dan ‘asaran’ yang berarti ‘sama atau berlaku seperti’ artinya, Kawasaran menjadi sama seperti leluhur di masa lalu, menjadi pelindung tanah, pelindung negeri, pelindung kehidupan,” ujarnya.

Adapun bagian dasar baju adalah kayu alam yang diikat dengan kain tenun pampele dan dipadu-padankan dengan kain tenun kaiwu patola. Tata busana dan aksesoris dibuat mengacu pada sustainable fashion dan tidak menggunakan materi hewan asli.

Erina mengungkapkan alasan mengapa ia dan Kaesang memakai baju adat ini. Salah satunya untuk menghormati para ksatria bangsa.

“Kami memakai baju kawasaran sebagai lambang penghormatan kami kepada para WARANEY (ksatria) bangsa yang telah berjuang melawan penjajah. Kami nyalakan jiwa muda ksatria WARANEY untuk melanjutkan perjuangan memajukan bangsa,” ungkapnya.
5 Pemenang Busana Adat Terbaik

Selain Kaesang, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga ikut menang dalam ajang busana adat di HUT RI ke-78 ini.

Berikut ini daftar para pemenang buasana adat.

1. Raja Amarasi, Pakaian Adat NTT
2. Grety, Pakaian Adat Bengkulu
3. Kohar, Pakaian Adat Banyuwangi
4. Kaesang Pangarep, Pakaian Adat Minahasa, Sultra
5. Menkeu Sri Mulyani, Pakaian Adat Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS