Breaking News

Firman Giawa Minta Nias Pro Dua Kali Setahun, Ini Tanggapan Stafsus Kemenparekraf

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id —  Wakil Bupati Nias Selatan,  Firman Giawa, S.H., M.H. menyampaikan kerinduannya agar pelaksanaan Event Nias Pro atau World Surf League (WSL) dapat dilaksanakan di Nias Selatan dua kali setahun. Hal ini disampaikannya pada acara penutupan kejuaraan surfing internasional World Surf League (WSL) Nias Pro 2023 QS5000, di Pantai Sorake, Nias Selatan, Sumatera Utara, Minggu (17/9/2023) sore hari.

Kejuaraan World Surf League (WSL) Nias Pro 2023 QS5000 dilaksanakan di Pantai Sorake, Kecamatan Luahagundre Kabupaten Nias Selatan dari tanggal 11 September sampai 17 September 2023. Sebelumnya pembeukaan event ini dilakukan secara langsung oleh Wakil Menteri Keuangan RI, Prof. Suahasil Nazara, SE., M.Sc., Ph.D. bersama PJU dari pusat, provinsi Sumut, dan dari Kepulauan Nias.

Wakil Bupati Nias Selatan yang juga sebagai Ketua Panitia Nias Pro 2023, menyampaikan permohonan masyarakat Nias ini guna mempromosikan destinasi wisata bertaraf internasional, serta meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara di Indonesia. Oleh karenanya pemerintah Kabupaten Nias Selatan berencana akan menggelar event kejuaraan surfing internasional World Surf League (WSL) Nias Pro dua kali dalam setahun mulai tahun 2024.

Firman Giawa mengaku bahwa dirinya bersama Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, sudah merencanakan agar pada tahun 2024, event internasional Nias Pro bisa dilaksanakan dua kali dalam setahun, karena hal ini dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat Nias Selatan.

“Kami mohon kepada Bapak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ini sudah agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Nias Selatan dan didanai 100% dari APBD. Saya dengan pak Bupati sudah berencana untuk mengagendakan Nias Pro dua kali setahun,” tutur Wakil Bupati.

Menparekraf RI yang diwakili oleh Staf Khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Akuntabilitas, Irjen Pol. Krisnandi, S.H., sangat mendukung pelaksanaan Nias Pro dilaksanakan dua kali setahun.

“Tadi panitia sudah menyampaikan, nanti akan saya sampaikan ke Pak Menteri Sandiaga Uno, mudah-mudahan mendapat dukungan dari Jakarta, dan bisa terselenggara dua kali dalam satu tahun,” kata Krisnandi.

Selain itu, Staf Khusus Menparekraf RI Bidang Akuntabilitas itu berharap agar tahun depan event Nias Pro bisa dilanjutkan meskipun nanti sudah berganti Bupati, karena potensi pariwisata Nias Selatan luar biasa. “Saya berharap ini bisa dilanjutkan tahun depan, meskipun nanti sudah berganti kepemimpinan,”ucapnya.

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS