Breaking News

Hari ini Sabtu Menjadi Penentuan Final Kompetisi Intens di Nias Pro QS 5000

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id — Selancar setinggi empat hingga enam kaki yang indah dan bersih menyambut para pesaing di Teluk Lagundri hari ini untuk kelanjutan Seri Kualifikasi (QS) 5000 Nias Pro World Surf League (WSL) 2023. Babak 32 Besar Putra telah selesai, begitu pula Babak Putra dan Putri. dari 16. Dengan berkurangnya gelombang dan kehilangan konsistensi sepanjang hari, peningkatan waktu panas menjadi tiga puluh menit memungkinkan terciptanya momen yang mengasyikkan dan dramatis.

Salah satu peselancar yang memanfaatkan waktu tambahan adalah Juara Dunia Junior Jarvis Earle (AUS), yang mendapatkan skor gelombang tunggal tertinggi pada acara tersebut setelah memutar tubuhnya secara terbalik melalui  dua putaran yang sangat kritis pada pukulan backhandnya, hampir mencetak skor sempurna 9,60 (dari kemungkinan 10) pada hitungan mundur lima menit di babak 16 besar.

Sikap rendah hati dan senyuman abadi pemain berusia 19 tahun ini tidak diragukan lagi tidak banyak menghilangkan rasa takut para pesaingnya, terutama setelah ia mengumpulkan dua total heat tertinggi hari itu.

“Kondisi di luar sana cukup sulit dan cuaca sangat panas, semua anak laki-laki melakukan yang terbaik dan terbaik pada heat sebelumnya, jadi saya sangat bersemangat. Saya mendapatkan beberapa peluang yang menyenangkan dan mengakhiri heat dengan angka 9 itu. Saya masih merasa masih ada sedikit yang tersisa di tangki, tapi saya’ Saya benar-benar senang dengan penampilan saya. Mudah-mudahan saya bisa mempertahankannya melalui heat berikutnya besok,” kata Earle.

Dalam penampilan pertamanya di Nias Pro, peselancar asal Jawa, Febri Ansyah (INA) memberikan salah satu cahaya terang dari Babak 32, sebuah pertunjukan epik yang mengumpulkan tepuk tangan dari Pantai Sorake, meskipun ia tidak mampu bertarung melalui Babak 16 sore hari itu. Nasib serupa juga dialami Westen Hirst (INA), Made Mahendra (INA),  Ketut Agus (INA), mereka tersingkir di babak yang sama.

Rekan senegaranya Varun Tandjung (INA), Dhany Widianto (INA) dan peselancar lokal Nias Kevin Wau (INA) juga kalah di babak 32 besar setelah menghasilkan selancar hebat di babak sebelumnya. Akhirnya Rio Waida (INA) sebagai satu-satunya peselancar Indonesia  yang melaju ke Hari Final, besok Minggu (17/9/2023).

Dakoda Walters (AUS) terus mengisi moment terbaik, bahkan setelah tumitnya terbuka saat mencoba mendaratkan gerakan mundur udara yang sangat mulus. Walters melaju ke Perempatfinal bersama Riaru Ito (JPN), yang juga melakukan pemanasan. Pada saat itu juga, Ito mengumpulkan skor luar biasa pertama hari itu, 8,50, untuk pukulan backhand yang solid di babak 32 besar, sebelum mengklaim total panas tertinggi berikutnya hari itu di belakang Earle di babak 16 besar.

Oscar Berry (AUS) melengkapi paruh atas pengundian untuk Perempatfinal, bersama Ito, Waida dan Walters, yang membagi pengundian menjadi dua antara pemain reguler dan pemain goofy, dengan Jordy Maree (RSA), Tully Wylie (AUS ) dan Jack Thomas (AUS) bergabung dengan Earle di paruh bawah.

Babak pertama Babak 16 Besar Putri berlangsung menegangkan, dengan poin QS Regional Asia yang sangat penting dipertaruhkan bagi empat peselancar Jepang yang berjuang untuk maju ke Perempatfinal. Sara Wakita (peringkat No.3), Nanaho Tsuzuki (No.5), Rina Matsunaga (No.9) dan Mirai Ikeda (No.11) masing-masing memimpin pada berbagai momen dalam cuaca panas, dengan skor rendah membuat semua peselancar tetap bertahan. kuncian ketat selama dua pertiga dari waktu tiga puluh menit, sebelum Tsuzuki menemukan kanvas terbuka untuk melepaskan serangan forehand tajamnya dan melakukan pukulan tajam untuk memimpin lebih meyakinkan.

Ikeda segera menyusul, lepas landas dengan gelombang yang solid dan secara agresif mengukir bagian mukanya. Wakita dan Matsunaga sama-sama melakukan percobaan kedua, namun Ikeda dan Tsuzuki-lah yang mampu melaju ke Hari Final, yang pertama di level QS 5000 untuk Ikeda yang berusia 15 tahun.

“Seluncuran putri Jepang sangat kuat. Jadi saya merasa sangat gembira. Panasnya sangat menyenangkan,” kata Ikeda.
Dua veteran Australia berhadapan dengan dua junior Jepang dalam pertarungan klasik antar negara untuk Heat 3 Babak 16 Besar. Pengalaman terbayar saat Philippa Anderson dan Freya Prumm dari Australia melaju atas Sai Maniwa dan Sumomo Sato dari Jepang. Anderson melampaui batas dengan pukulan forehand yang membebaskan sirip Novocastrian dan mengumpulkan skor luar biasa pertamanya di acara tersebut, 8,27.

“Saya sangat senang berada di Perempatfinal. Saya mendapat tempat tinggal di Krui, sangat senang bisa sampai di sana, tapi dorongannya adalah untuk memenangkan acara tersebut. Di sini rasanya seperti beberapa ombak sekaligus, masih banyak air yang mengalir. Tapi ya, saya benar-benar senang saya mendapatkan papan vertikal beberapa kali. Saya merasa ada sedikit ritme di luar sana, ada cukup banyak gelombang. Mungkin saya bisa meningkatkan pilihan gelombang saya, tetapi saat memasuki perempatan saya hanya akan mengaturnya dan lihatlah. Ini pertama kalinya aku ke Nias, jadi aku masih belajar tentang tempat itu,” kata Anderson.

Junior Australia Mia Huppatz, Ellie Harrison dan Rosie Smart juga melaju ke Perempatfinal, begitu pula veteran Kiwi Paige Hareb, yang kembali meraih nomor putri tertinggi hari itu.

Semua peserta diminta untuk bersiaga pada pukul 07.00 untuk kemungkinan dimulainya Perempatfinal Putra dan Putri pada pukul 07.30.

Ajang Nias Pro Qualifying Series (QS) 5000 dan Pro Junior 2023 akan berlangsung pada tanggal 11 – 17 September di Teluk Lagundri, Nias, Indonesia.

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS