Breaking News

Jokowi Sebut Buah Hasil KTT ASEAN 93 Proyek Senilai Rp 580 T

Jakarta, MimbarBangsa.co.id – Penyelenggaraan pertemuan KTT ke-43 ASEAN ternyata tak hanya pertemuan tingkat tinggi belaka. Perhelatan ini telah membuahkan hasil komitmen kerja sama untuk menggarap proyek bersama.

Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka ASEAN-Indo Pacific Forum (AIPF) siang ini. Dia mengungkapkan bahwa sudah ada kesepakatan proyek kerja sama antar anggota ASEAN dan mitra negara lainnya sebanyak 93 proyek senilai US$ 38,2 miliar atau setara Rp 580,64 triliun (kurs Rp 15.200).

“Saya mengapresiasi dukungan dan kontribusi negara ASEAN dan mitra ASEAN, sehingga telah terkumpul 93 proyek kerja sama senilai US$ 38,2 miliar,” ucapnya dalam pembukaan AIPF 2023 di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Buah hasil dari KTT ASEAN dalam bentuk proyek kerja sama itu juga masih bisa meningkat. Sebab menurut Jokowi ada 73 proyek potensial yang nilainya mencapai US$ 17,8 miliar.

Menurut Jokowi hal itu membuktikan bahwa KTT ASEAN tidak hanya menjadi pertemuan tingkat tinggi yang tidak membuahkan hasil. Tapi nyatanya antara negara anggota dan negara mitra bisa berjalan bersama dalam proyek untuk kepentingan bersama.

“Ini mencerminkan komitmen kita to work the top, membangun Indo Pacific yang damai, stabil dan makmur. Semoga dapat memberikan manfaat yang besar bagi rakyat di kawasan dan dunia,” tutupnya.

 

Asl!

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS