Breaking News

Rio Waida Tampil di Nias Pro 2023, Bupati Nias Selatan: Semoga Toreh Prestasi Lagi

Nias Selatan, MimbarBangsa.co.id – Liga Selancar Dunia atau World Surf League (WSL) Nias Pro 2023 QS 5000 telah dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Keuangan RI, Prof. Suahasil Nazara, S.E,M.Sc,, Ph.D.,  bersama  Pj. Gubernur Sumatera Utara  yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kesejahteraan Rakyat, Subbidang Keagamaan, Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. dan beberapa pejabat lainnya di Pantai Sorake, Kecamatan Luahagundre Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Senin (11/9/2023) sore hari.

Pantai Sorake ditunjuk sebagai venue pada 11 September hingga 17 September 2023. Liga Selancar Dunia (World Surf League) ini adalah ajang paling bergengsi di cabang olahraga ini dan selalu mendapat perhatian dunia sejak pertama kali dihelat 1976. World Surf League Nias Pro 2023 QS 5000 diikuti oleh 198 atlet-atlet profesional dari 15 negara.

Para peselancar profesional terbaik dunia dihadirkan untuk jadi yang terbaik dan akan disiarkan oleh ratusan televisi di dunia.

Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duhas, S.H., M.H. merasa bangga bisa menggelar event kelas dunia seperti World Surfing League (WSL) untuk keempat kalinya di Nias Selatan.

“Ini merupakan keempat kalinya atau World Surf League (WSL) Nias Pro dilaksanakan di Nias Selatan, tentu hal ini selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara, event ini diharapkan bisa meningkatkan penghasilan masyarakat yang berkelanjutan,” katanya.

Selain hal itu, Bupati yang sudah dua periode memimpin Nias Selatan itu juga menyampaikan bahwa Rio Waida peselancar profesional berkebangsaan Indonesia diharapkan mampu untuk meraih kemenangan di posisi terbaik.

“Selain itu, Rio Waida peselancar kebanggaan Indonesia  yang ikut di Nias Pro 2023 ini dapat meraih gelar terbaik lagi,” harapannya.

Seperti diketahui, Rio Waida adalah orang Indonesia yang menyabet gelar sekaligus mengukir sejarah karena menjadi orang Indonesia pertama yang menjuarai ajang Liga Selancar Dunia Sydney Surf Pro 2022. Ia berhasil mengalahkan Ryan Callinan di final yang merupakan atlet tuan rumah. Rio mendapatkan skor tertinggi 17,73 saat itu dan mengalahkan Ryan Callinan dengan skor 15,70.

Prestasi-prestasi yang ditorehkan Rio Waida, sebut Bupati Nias Selatan, membuktikan bahwa peselancar Indonesia tak bisa dipandang sebelah mata. Sekalipun di Indonesia sendiri olahraga tersebut belum terlalu populer dan digemari masyarakat seperti cabang olahraga lainnya.

“Dengan Rio Waida mejadi juara di Nias Pro 2023 ini, mudah-mudahan menjadi pemacu semangat dan motivasi sehingga makin banyak yang menggeluti olahraga ini dan mencetak prestasi di kancah dunia ke depan,” ujarnya.

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS