Breaking News

Anggaran MAMI DPRD Nias Selatan Tahun Anggaran 2023 Rp 5 Miliar?

Nias Selatan, HarianNias.comSekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nias Selatan, Arifman Fatizanolo Wau, S.S., M.M. membenarkan adanya total biaya anggaran makan minum (Mami) di DPRD Nias Selatan sekitar Rp 5 miliar. Anggaran tersebut dimuat di Sistem informasi Rencana Umum Pengadaan (Sirup) secara gelondongan.

Hal ini disampaikan oleh Sekwan DPRD Nias Selatan, Arifman F. Wau didampingi oleh Para kabag kepada beberapa wartawan ketika ditemui di ruangan kerjanya pada hari Senin, (11/12/2023).

“Benar, total anggaran makan minum itu sekitar Rp 5 miliar. Tapi anggaran tersebut terbagi untuk beberapa bagian,” kata Arifman.

Lebih lanjut, Arifman menjelaskan bahwa dari anggaran yang mendekati Rp 5 miliar itu, hanya sekitar Rp1,3 miliar yang menjadi anggaran makan minum rapat ( Rapat Bamus , Rapat Banggar, Rapat Komisi, Rapat Paripurna, Rapat Sekretariat serta Tamu DPRD) dan dikelola secara langsung oleh Sekretariat Dewan, sedangkan selebihnya dipihakketigakan. Yang mana dana – dana tersebut digunakan untuk Sosialisasi Peraturan Daerah (SOSPER) dan Reses 35 anggota DPRD Nias Selatan Tahun Anggaran 2023 .

Reses adalah sebuah kebijakan yang sudah diatur dalam Undang-undang dengan tujuan bertemu masyarakat, mendengar, dan mendorong serta mengawal aspirasi itu agar bisa direalisasikan oleh pemerintah daerah.

SOSPER adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias Selatan untuk mensosialisasikan Peraturan – Peraturan Daerah Kabupaten Nias Selatan kepada Masyarakat

Di tempat terpisah, Sekda Nias Selatan, Ir. Ikhtiar Duha, M.M. menyampaikan bahwa itu anggaran kegiatan OPD Sekretariat Dewan dan Anggaran tersebut digunakan untuk beberapa bagian kegiatan, di antaranya anggaran yang langsung dikelola oleh Sekretariat Dewan dan untuk kegiatan anggota DPRD seperti Reses dan Sosper. Makanya dalam Reses dan Sosper, masyarakat diundang dan ada makan minum di situ. (Walas)

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS