Breaking News

Seleksi Ketat Anggota Baru PWI Sumut, Perjalanan Menuju Jurnalis Profesional

Medan, HarianNias.com Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara mengadakan seleksi ketat bagi calon anggota PWI Muda di Hotel Madani Medan pada Sabtu (16/12/2023), di mana sebanyak 55 peserta hadir untuk mengikuti proses seleksi yang ketat dan informatif.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, yang didampingi oleh Sekretaris Sahat Rahmat Hamonangan Panggabean serta Bidang Advokasi, menekankan pentingnya integritas dalam profesi jurnalistik. “Jangan pernah sekali-kali melakukan penyalinan isi berita orang lain. Satu-satunya jalan adalah dengan menulis berita sendiri, meskipun terdapat kesalahan di dalamnya, karena itu adalah bagian dari pembelajaran,” tegas Farianda.

Farianda lebih lanjut memberikan analogi bahwa menjadi wartawan adalah sebuah proses yang mirip dengan proses tumbuh kembang dari bayi menjadi dewasa. Semua memerlukan waktu dan pembelajaran yang berkelanjutan untuk tumbuh menjadi seorang wartawan yang profesional dan bertanggung jawab.

Keanggotaan dalam PWI dinilai sangat memberikan manfaat besar bagi para wartawan. Ketika seorang wartawan mengalami masalah dalam menjalankan tugasnya, PWI Sumut menyediakan dukungan hukum yang diperlukan. “PWI Sumut memiliki layanan advokasi untuk membantu rekan wartawan yang menghadapi permasalahan hukum, sebagai bentuk dukungan solidaritas dalam profesi ini,” ungkapnya.

Tak hanya itu, keanggotaan PWI juga memberikan manfaat lain, seperti jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan bagi wartawan yang mengalami kecelakaan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya. Hal ini menjadi sebuah langkah nyata dalam memberikan perlindungan bagi para anggota yang berkontribusi dalam menyajikan informasi kepada masyarakat.

Dalam arahannya, Farianda juga mengungkapkan rencana PWI Sumut ke depannya. Mereka akan lebih memfokuskan diri pada bidang pelatihan, dengan mengurangi rekrutmen untuk Unit Kegiatan Wartawan (UKW) serta anggota baru. “Kami akan mengalihkan perhatian kami lebih mendalam pada penyediaan pelatihan agar anggota PWI dapat terus mengasah kemampuan mereka sebagai pewarta yang profesional,” tandasnya, menggarisbawahi pentingnya pendidikan lanjutan dalam pengembangan kemampuan jurnalistik.

Dengan demikian, acara seleksi anggota PWI Muda tidak hanya menjadi platform penerimaan, tetapi juga sarana untuk memberikan pemahaman mendalam akan pentingnya integritas, perlindungan hukum, dan pengembangan keterampilan dalam menjalankan profesi jurnalistik yang bermartabat dan bertanggung jawab.

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS