Breaking News

Wabup Nias Selatan Serahkan Bantuan Perahu Motor untuk Kelompok Nelayan

Nias Selatan, HarianNias.com Pemerintah Kabupaten Nias Selatan melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) telah menyalurkan bantuan berupa perahu motor kepada kelompok nelayan di Pelabuhan TPI Pasir Putih, Kelurahan Pasar Telukdalam pada Rabu (20/12).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Nias Selatan, Firman Giawa menegaskan bahwa bantuan ini diberikan dengan tujuan jelas, yakni untuk membantu aktivitas para nelayan. Dia berharap agar bantuan ini tidak disalahgunakan dan diharapkan dapat meningkatkan penghasilan para nelayan di perairan tersebut.

Firman Giawa juga mengajak para nelayan untuk tetap semangat dalam menjalankan pekerjaan mereka di laut, sambil menekankan pentingnya merawat bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama para nelayan.

Sementara itu, Kadis Kelautan dan Perikanan, Seksama Sarumaha, S.I.P. menjelaskan bahwa sebanyak 43 unit perahu motor telah didistribusikan kepada 26 kelompok nelayan di wilayah Kabupaten Nias Selatan. Detailnya, terdapat 23 unit berukuran 0,5 GT, 18 unit berukuran 1 GT, dan 2 unit berukuran 5 GT. Bantuan ini berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) APBD Pemkab Nias Selatan tahun 2023.

Seksama Sarumaha juga mengingatkan penerima manfaat agar menjaga integritas dengan tidak melakukan tindakan menjual atau memindahkan perahu motor yang telah diterima kepada pihak lain.

“Hindari sikap memindah tangankan atau memperjual belikan kepada pihak lain perahu motor yang telah diterima,” kata Seksama Sarumaha.

Motuhogolo Ge’e dari Kelompok Nelayan Samuru, Desa Hilimaenamolo, Kecamatan Luahagunde Maniamolo, sebagai salah satu penerima manfaat, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Selatan. Mereka berharap bantuan ini dapat memberikan dukungan bagi masyarakat kecil yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan.

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS