Breaking News

Pangkalan TNI Angkatan Laut Nias Gelar Upacara Penghormatan Pahlawan Laut

Nias Selatan, HarianNias.com Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Nias menggelar Upacara Tabur Bunga di Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Nias Selatan untuk memperingati Hari Dharma Samudera yang jatuh pada tanggal 15 Januari 2024. Upacara ini bertujuan memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang gugur dalam peristiwa Heroik, terutama dalam Pertempuran Laut Aru antara Tentara Indonesia dan Belanda.

Peringatan Hari Dharma Samudera memiliki makna khusus karena bertepatan dengan tanggal 15 Januari 1962, di mana Komodor Yos Sudarso bersama awak KRI Macan Tutul gugur dalam pertempuran melawan Belanda, dalam upaya membebaskan Irian Barat. Kegigihan dan pengorbanan mereka menjadi sumber inspirasi dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H., sebagai pemimpin upacara Tabur Bunga Hari Dharma Samudera, menekankan pentingnya upacara tersebut. “Upacara tabur bunga merupakan sebuah penghormatan dan kenangan untuk para pahlawan yang telah gugur sebagai kusuma bangsa dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI. Khususnya para pahlawan laut yang telah gugur dalam pertempuran Laut Aru pada tanggal 15 Januari 1962 saat perjuangan pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda,” ujar Hilarius Duha.

Upacara yang berlangsung khidmat dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H. Upacara tersebut juga turut dihadiri oleh Komandan Lanal Nias, Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah, S.E., M.Tr.Hanla., M.M., CHRMP., Kapolres Nias Selatan AKBP Boney Wahyu Wicaksono, S.I.K, Pasop Lanal Nias Mayor Laut (P) Hasil Wantoro, Danpatkamla 1-II-14 Teluk Dalam, Kasipidsus Herianto., S.H., M.H., Danramil 12/Teluk Dalam, Kasat Pol Airud Teluk Dalam, Kadis Perhubungan Nias Selatan, Ketua TP PKK Nias Selatan, Ketua Jalasenasti Cabang 5 Korcab II DJA 1, dan Para tamu undangan. Keberadaan mereka menunjukkan dukungan dan penghargaan yang tinggi terhadap peringatan ini serta mengukuhkan semangat nasionalisme dan rasa persatuan dalam menjaga keutuhan NKRI.

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS