Breaking News

Danlanal Nias Ikuti Rakor Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Nias Selatan, HarianNias.com Komandan Lanal Nias, Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah SE., M.Tr Hanla, MM, CHRMP, memimpin dengan penuh dedikasi Rapat Koordinasi Persiapan Pendistribusian Logistik dan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024. Acara ini menjadi panggung sinergi antara pihak militer dan pemerintahan daerah, diadakan di Warung Kopi Furai, Jl. Diponegoro, No.37, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, pada Senin (5/2/2024).

Peserta rapat terdiri dari sejumlah tokoh penting, termasuk Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, Kapolres Nias Selatan AKBP Boney Wahyu Wicaksono, SIK, Kajari Nisel Rabani M. Halawa, Dandim 023/Nias diwakili Danramil Telukdalam Kapten Ozatulo Zebua, Sekretaris KPU Nias Selatan, Ketua Bawaslu Nias Selatan Neli Pesta Zebua, dan perwakilan Dishub Nisel. Keberagaman ini menciptakan platform yang sangat relevan dan komprehensif untuk membahas segala aspek yang terkait dengan persiapan pemilu.

Rapat koordinasi menyuarakan kebijaksanaan dalam menyusun rencana pendistribusian logistik ke setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari satu pulau ke pulau lainnya. Langkah proaktif ini menggambarkan komitmen untuk memastikan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi. Pihak militer, melalui Danlanal Nias, turut berperan aktif dengan penekanan pada pengecekan menyeluruh terhadap pendistribusian, termasuk kotak suara dan logistik, khususnya di daerah terpencil. Hal ini bertujuan untuk mengamankan dan melindungi integritas logistik pemilu dari potensi kerusakan yang dapat menghambat kelancaran pelaksanaan pemungutan suara.

Ketegasan dalam memastikan akurasi pendistribusian data dari berbagai daerah menjadi fokus utama dalam rapat. Pemastian ini diarahkan untuk memudahkan anggota dalam mengelola logistik persiapan pemilu dengan efisiensi maksimal. Selain itu, kesatuan pandang dalam betuk kerjasama antarinstansi menjadi pijakan kuat untuk menghadapi tantangan di luar skenario yang telah dianggarkan. Dalam konteks ini, pentingnya koordinasi lintas instansi diangkat sebagai tema utama diskusi. Kerja sama yang baik di antara unsur militer dan sipil ditekankan untuk merespons dan mengatasi peristiwa di luar kendali yang mungkin terjadi selama proses pemilu.

Dalam rangka menjaga ketersediaan sarana transportasi laut, rapat menggarisbawahi perhatian khusus terhadap perkiraan cuaca. Dengan menggunakan sarana kapal laut dalam distribusi logistik, keberhasilan pelaksanaan pemilu sangat terkait dengan kondisi cuaca yang dapat mempengaruhi keamanan dan integritas logistik tersebut. Upaya pencegahan melalui pemantauan perkiraan cuaca secara rutin menjadi langkah strategis untuk menghindari potensi kerusakan atau keterlambatan dalam pendistribusian.

Dengan demikian, Rapat Koordinasi Persiapan Pendistribusian Logistik dan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 mencerminkan komitmen yang kuat dari berbagai pihak untuk memastikan suksesnya proses demokrasi. Kolaborasi antarinstansi, pemikiran strategis, dan tindakan proaktif yang dihasilkan dari pertemuan ini menjadi fondasi penting dalam menjaga kelancaran dan integritas penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Nias Selatan.

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS