Breaking News

Gempa Berkekuatan 5,7 SR Guncang Nias Selatan, Getarannya Hingga Sumbar

Pusat gempa bumi yang terletak di laut dengan koordinat 0.42 LU dan 98.50 BT berjarak 78 kilometer arah Tenggara Nias Selatan, Sumatera Utara dengan ke dalaman 57 kilometer, Rabu (5/6/2024). (HarianNias.com/Walas)

Nias Selatan, HarianNias.com
Gempa berkekuatan 5,7 Skala Richter mengguncang wilayah Nias Selatan pada Rabu petang, sekitar pukul 18.16 WIB. Informasi ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Gempa tersebut berpusat di laut dengan koordinat 0.42 Lintang Utara dan 98.50 Bujur Timur, berjarak 78 kilometer arah Tenggara Nias Selatan dengan kedalaman 57 kilometer. Getaran gempa turut dirasakan oleh warga di wilayah Gunung Sitoli, Sumatera Utara, serta beberapa daerah di Sumatera Barat seperti Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam, dan Padang Panjang dengan skala II-III MMI (Modified Mercalli Intensity).

Dalam peringatan dini yang disampaikan melalui sistem aplikasi InfoBMKG di Jakarta pada hari yang sama, BMKG belum melaporkan secara rinci mengenai penyebab gempa dan dampak yang ditimbulkan terhadap masyarakat setempat.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat diharapkan menunggu laporan hasil analisa menyeluruh dari BMKG terkait gempa tersebut.

Untuk mendapatkan informasi terbaru, masyarakat dapat mengakses aplikasi daring InfoBMKG, mengikuti media sosial infoBMKG, atau menghubungi kantor BMKG terdekat.

 

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS