Breaking News

Upacara Hari Jadi ke-21 Kabupaten Nias Selatan: Mengusung Tema "Budaya Unggul Nias Selatan Maju"


Nias Selatan, HarianNias.com -
Pemerintah Kabupaten Nias Selatan menyelenggarakan upacara peringatan Hari Jadi ke-21 Kabupaten Nias Selatan yang berlangsung di Lapangan Orurusa, Jalan Pancasila, Kelurahan Pasar Telukdalam, Senin, 29 Juli 2024. Acara ini mengusung tema “Budaya Unggul Nias Selatan Maju”.

Bupati Nias Selatan, Dr. Hilarius Duha, S.H., M.H., dalam sambutannya menekankan pentingnya perjuangan pembentukan Kabupaten Nias Selatan yang telah meninggalkan jejak mendalam di hati para tokoh pemekaran dan seluruh masyarakat Nias Selatan. “Pasang surut semangat perjuangan yang dipengaruhi aksi dukungan dan aksi penolakan tentunya menjadi sejarah tersendiri dalam perjalanan hidup para tokoh pemekaran Kabupaten Nias Selatan melalui wadah Badan Musyawarah Perjuangan Rakyat Nias Selatan (Bamuspernis) yang dibentuk pada 12 Maret 2001,” ungkap Bupati Hilarius Duha.

Bupati juga mengenang perjuangan tersebut yang mencapai puncaknya ketika Nias Selatan disahkan menjadi kabupaten melalui Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2003. Ia menyampaikan bahwa saat ini, pemerintah terus berupaya membangun dan membenahi infrastruktur demi kesejahteraan masyarakat. Berbagai program dilakukan secara masif, termasuk penurunan angka kemiskinan, penanganan gizi buruk atau stunting, pemberdayaan kelompok usaha dari berbagai sektor, promosi budaya dan kepariwisataan, serta peningkatan sumber daya manusia melalui program beasiswa yang terukur dan bermutu.

Selain itu, Bupati Hilarius Duha menyoroti peningkatan kualitas pelayanan publik, reformasi tata kelola birokrasi, dan transparansi pengelolaan keuangan daerah sebagai sederet program yang terus digenjot oleh pemerintah daerah. “Meskipun demikian, di tengah keterbatasan sumber daya anggaran, harus kita akui masih banyak sektor dan aspek kehidupan masyarakat Nias Selatan yang memerlukan sentuhan pembangunan maksimal,” pungkasnya.

Dalam upacara tersebut, tema "Budaya Unggul Nias Selatan Maju" dimaknai sebagai cara hidup, pola pikir, dan kebiasaan masyarakat yang baik dan unggul dari berbagai aspek kehidupan yang akan menciptakan kemajuan bagi Kabupaten Nias Selatan.

Danlanal Nias, Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah, S.E., M.Tr. Hanla., M.M., CHRMP, yang mewakili unsur Forkompimda dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyak perubahan telah terjadi, baik dari segi pembangunan maupun infrastruktur, yang semuanya menjadi lebih baik. “Ini menjadi tugas kita bersama sebagai generasi muda untuk meneruskan hal positif yang telah diawali oleh pendahulu kita. Sebagai Komandan Lanal Nias mewakili Forkompimda, saya mengucapkan selamat ulang tahun Nias Selatan dengan tema Budaya Unggul Nias Selatan Maju,” imbuhnya.

Pantauan di lapangan menunjukkan bahwa acara HUT ke-21 Kabupaten Nias Selatan ini turut dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Tokoh Pemekaran Bamuspernis Sidi Adil Harita, Kapolres Nias Selatan AKBP Boney Wahyu Wicaksono, Dandim 0213/Nias Letkol Inf. Torang Parulian Malau, serta tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh stakeholder terkait.

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS