Breaking News

Nomor Urut dan Statement 4 Paslon Cakada Nias Selatan 2024

Foto 4 Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan bersama Komisioner dan Sekretaris KPU Nias Selatan

Nias Selatan, HarianNias.com -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Selatan secara resmi menetapkan nomor urut pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nias Selatan untuk Pilkada serentak 2024. Penetapan tersebut dilakukan dalam Rapat Pleno Terbuka yang digelar di Aula BKPN, Teluk Dalam, Nias Selatan, pada Senin (23/9/2024). Acara ini dihadiri oleh sejumlah pihak, termasuk Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), empat komisioner KPU Nias Selatan, serta keempat pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada.

Dalam rapat tersebut, hadir empat orang komisioner KPU Nias Selatan yang dipimpin oleh Benimeritus Halawa, Ketua KPU Nias Selatan. Ia didampingi oleh Sifaomadodo Wau (Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan), Kadar Kristian Wau (Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan Internal), serta Isiani Gohae (Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM). Dalam suasana yang penuh antusiasme, setiap pasangan calon mendapatkan nomor urut secara resmi berdasarkan hasil pengundian.

"Proses penetapan nomor urut ini adalah bagian dari tahapan Pilkada yang sangat penting. Kami berharap dengan terlaksananya proses ini, seluruh pasangan calon dapat terus berkomitmen untuk menjaga suasana yang kondusif dan damai selama tahapan Pilkada berlangsung," ujar Benimeritus Halawa kepada HarianNias.com

Adapun nomor urut pasangan calon yang ditetapkan oleh KPU Nias Selatan berdasarkan Surat Keputusan Nomor 2025 adalah sebagai berikut:  
1. Nomor Urut 1: Pasangan Sokhiatulo Laia - Yusuf Nakhe, S.T., M.M. yang diusung oleh PKB, PDI Perjuangan, dan Partai Hanura.  
2. Nomor Urut 2: Pasangan Firman Giawa, S.H., M.H. - Robert Maduwu Zolago Dakhi, S.E. yang didukung oleh Partai Nasdem dan Partai Gerindra.  
3. Nomor Urut 3: Pasangan Idealisman Dachi - Pdt. Dr. Foluaha Bidaya, diusung oleh Partai Golkar.  
4. Nomor Urut 4: Pasangan Fajarius Laia, S.T. - Sifaoita Buulolo, S.T. yang mendapat dukungan dari PAN dan Partai Demokrat.

Pasangan Sokhiatulo Laia yang mendapatkan nomor urut pertama menyatakan ucapan terima kasihnya sehingga bisa sampai pada tahapan ini. "Terima kasih atas kerja samanya sehingga tahapan demi tahapan Pilkada ini bisa terlkasana dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Firman Giawa, Calon Bupati dengan nomor urut dua, mengungkapkan tidak ada yang mau membangun Nias Selatan kalau bukan putra-putra terbaik Nias Selatan. Selain itu Firman Giawa juga menyampaikan harapannya agar pada pelaksanaan tahpan-tahapan ke depan boleh berjalan dengan baik, jauhi kampanye hitam, tetap jaga keamanan, ketertiban di tengah-tengah masyarakat.

"Nias Selatan adalah milik kita bersama, mari jaga ketertiban, jaga keamanan, jangan ada yang saling menjelekkan," kata Firman Giawa, S.H., M.H.

Idealisman Dachi, yang diusung Partai Golkar dan mendapatkan nomor urut tiga, menyampaikan dalam membangun Nias Selatan jangan menawarkan program coba-coba. " Kami dari Pasangan Ide-Fol dengan tegas menyampaikan kepada rakyat bahwa program kami jelas," ungkap Idealisman.

Terakhir, Fajarius Laia yang bersama pasangannya Sifaoita Buulolo mendapat nomor urut empat, menyampaikan bahwa nomor urut 4 adalah nomor kemenangan yang Tuhan berikan kepada mereka. “Nomor urut 4 nomor kemenangan yang Tuhan berikan kepada kita,” tutur Fajarius 

Proses Pilkada Nias Selatan ini menjadi salah satu bagian penting dari Pilkada Serentak 2024 di seluruh Indonesia, di mana ribuan daerah akan memilih pemimpin baru untuk periode yang akan datang. Dengan penetapan nomor urut ini, setiap pasangan calon kini telah siap untuk melanjutkan langkah kampanye mereka dan memperebutkan dukungan dari masyarakat Nias Selatan.

0 Komentar

© Copyright 2024 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS