Breaking News

Prabowo-Gibran Resmi Dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029

Prabowo Subianto mengucapkan sumpah sebagai presiden Republik Indonesia periode 2024-2029. (Youtube/Sekretariat Presiden)

Jakarta, HarianNias.com -
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia untuk periode 2024-2029. Pelantikan tersebut berlangsung di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, pada Minggu (20/10/2024), dengan rangkaian acara yang khidmat dan penuh makna.

Prosesi pembacaan sumpah dilakukan sekitar pukul 10.30 WIB, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Dalam suasana yang penuh khidmat, Prabowo Subianto mengucapkan sumpah sebagai Presiden Republik Indonesia, disusul oleh Gibran Rakabuming Raka yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden. Sumpah tersebut merupakan janji untuk menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan setegak-tegaknya, mematuhi konstitusi, serta berbakti kepada bangsa dan negara.

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Prabowo dengan tegas.



Gibran kemudian menyusul dengan sumpah serupa: "Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa."

Usai pembacaan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Presiden, Wakil Presiden, serta pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Dengan pelantikan ini, Prabowo Subianto menjadi Presiden kedelapan Republik Indonesia, sementara Gibran Rakabuming Raka menjabat sebagai Wakil Presiden ke-14. Setelah acara di kompleks parlemen, Prabowo dan Gibran direncanakan menuju Istana Kepresidenan untuk menghadiri acara pisah sambut dengan Presiden Joko Widodo, yang sebelumnya menjabat selama dua periode, 2014-2019 dan 2019-2024.


0 Komentar

© Copyright 2022 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS